Penggunaan Surau Suluk Baitul Rahmi Diresmikan Bupati

Surau Suluk Baitul Rami yang sudah selesai dibangun melalui APBD 2008-2009 sebesar Rp1,9 miliar, di Desa Telukaur Kecamatan Rambahsamo, Jumat (27/2), diresmikan penggunannya oleh Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs H Achmad MSi.

Dalam amanat di hadapan pimpinan surau suluk, Khalifah Sabirin, sejumlah Kepala dinas, badan, kantor, Ketua MUI Rohul, Ketua K3S Rohul Hj Maghdalisni Achmad, Ustad H Yurnalis SAg, serta ratusan tokoh agama dan masyarakat Telukaur mengharapkan, surau suluk yang sudah ada difungsikan dan dimanfatkan untuk kegiatan ibadah.

"Dengan diresmikannya surau suluk Baitul Rahmi, Kita sudah bangun enam unit surau suluk permanent, mulai dari Kecamatan Rambah, Rambahsamo, Rambahhilir, Tambusai, dan Tambusai Utara yang juga dianggarkan dari APBD Rohul. Sementara bantuan rehab di beberapa surau lainnya juga Kita berikan, dan ini komitmen Kita menjadikan surau suluk dan madrasah sebagai sarana utama perwiridan sesuai julukan Rohul �negeri seribu suluk�," terang Bupati.

Diharapkan, masyarakat secara bersama menyejahterakan masjid di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu, menjadikan masjid pusat berbagai kegiatan masyarakat berhubungan dengan Islam. Masjid agar diisi, dan dilaksanakan tawajjuh setiap Selasa dan Jumat, sehingga masjid yang ada makmur, khususnya untuk kegiatan ibadah salat lima waktu.

Bupati juga menyatakan, Telukaur juga merupakan desa yang istimewa. Peresmian surau suluk serta Safari Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H dilaksanakan di daerah ini bertepatan 12 Rabiulawal.

"Ini penghargaan dan penghormatan Kita kepada masyarakat dengan mengutamakan kehadiran, walaupun saat ini hari libur. Namun maksud kedatangan saya, agar bisa memanfaatkan surau suluk yang sudah dibangun sebagai sarana persulukan," harap Achmad.

Pimpinan surau suluk Baitul Rahmi, Khalifah Sabirin usai peresmian menyatakan, sangat berterima kasih kepada Pemkab Rohul, khsusunya Bupati Achmad yang sudah bersusah payah membangun surah suluk untuk kegiatan keagamaan baik di daerahnya maupun di daerah lain.

"Dengan bantuan Pemkab, surau suluk yang dulunya sederhana kini sudah megah dan bisa menampung banyak jemaah. Apalagi Kita ditugaskan mengajarkan Tariqat Naqsabandiyah ke seluruh masyarkat, dan kini surau suluk yang Kita miliki bisa menampung seratus jamaah lebih. Kami cukup bangga dengan perhatian Pemkab. Kita harapkan ke depan pembangunan surau suluk lebih ditingkatkan untuk mengembangkan syiar Islam di Rohul," harap Khalifah Sabirin.

Sumber : http://www.rokanhulunews.com

Comments