Pemkab Resmikan BUMdes Langkitin

Setelah program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) dari dana awal Rp410 juta dan berkembang menjadi Rp496 juta selama tiga tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), Kamis (25/2), meresmikan UED-SP menjadi Badan Usaha Milik desa (BUMdes).

BUMdes Langkitin Kecamatan Rambahsamo, diresmikan langsung oleh Bupati Rohul Drs H Achmad M.Si yang hadir bersama Asisten II Jasman Nasution, Ketua K3S Rohul Hj Maghdalisni Achmad, para kepala dinas, badan dan kantor, Camat Rambahsamo serta para Kepala Desa (Kades) se Rambahsamo.

Menurut Bupati Rohul Drs H Achmad MSi usai peresmian kantor BUMdes menyatakan, dengan diresmkikan BUMdes di Langkitin, saat ini sudah berdiri sepuluh BUMdes di Rohul. Tahun 2010 ini juga akan dirikan sebanyak 14 BUMdes lagi, sehingga tahun 2010 ditargetkan berdiri 24 BUMdes.

''Dengan adanya BUMdes di Langkitin, Kita berharap perekonomian masyarakat meningkat. Dimana, nantinya masyarakat bisa meminjam dana BUMdes untuk kegiatan ekonomi, baik modal dagang, perkebunan serta sektor jasa lainnya, bahkan dana yang telah dikelola BUMdes sudah mencapai Rp6 miliar,'' terang Achmad.

Dikatakan Kepala Badan Permberdayaan Perlindungan dan Keluarga Berencana (BPPD) Rohul Drs H Jamaluddin, BUMdes Langkitin didirikan setelah sebelumnya dana UED-SP dengan dana awal Rp410 juta dan berkembang menjadi Rp496 juta selama tiga tahun atau bertambah Rp80 juta dengan tingkat pengembalian 98 persen.

''Dari dana UED-SP yang dikembangkan di Langkitin, tingkat transaksi sudah mencapai Rp1,3 miliar dan jumlah peminjam 160 orang dari pedgang, perkebunan dan jasa. Program Pemkab, menjadikan UED-SP ke Bumdes setelah adanya perkembangan modal di desa itu. Kemudian Kita juga menargetkan tahun 2010 sebanyak 52 desa di tahun 2010 sudah dapat dana UED SP, dimana saat ini sudah 100 desa/kelurahan yang menerima dana UED-SP, yang kemudian dikembangkan menjadi BUMdes

Sumber : http://www.rokanhulunews.com

Comments